Tuesday, December 15, 2020

Biografi Adolf Hitler



MAKALAH TENTANG BIOGRAFI ADOLF HITLER

BAB I
PENDAHULUAN

Latar Belakang

Sejarah dunia bukan berarti berisi tentang peristiwa-peristiwa penting yang di alami suatu Negara, untuk mendapatkan kejayaan dan

kehidupan yang lebih baik. Di balik peristiwa itu ada tokoh – tokoh perjuangan yang muncul, dari pihak sekutu maupun pihak musuh. Salah satu tokoh yang hampir saja merubah dunia menuju kegelapan yaitu Adolf Hitler. Seorang tokoh yang paling berpengaruh di dunia dan paling dibenci oleh banyak orang di seluruh dunia karena pengaruh yang di timbulkannya bersifat kekejaman yang membabi buta, hilangnya Hak Asasi Manusia dan korban yang berjatuhan yang sangat banyak. Hitler berusaha memimpin Eropa dengan sifat dikdatornya dan dibantu oleh simpatisannya yang tergabung dengan NAZI.

Sejarah nama Nazi berawal dari sebuah kelompok buruh Jerman yang tergabung dalam Deutsche Arbeiter Parte (DAP), setelah satu tahun Hitler menjadi ketua dan merubah DAP menjadi Nationalsozialistische Deutsche Arbeiter Partei (NSDAP) atau partai buruh Nasionalis-Sosialis Jerman. NSDAP lalu di kenal dengan akronim NAZI. Hitler juga mampu mengorganisasikan Strom Troopers sehingga memperkuat NAZI (Zafiera, 2009 : 18)

Hitler semasa kecil adalah seorang anak yang cengeng dan lemah, sejak usia tiga tahun Hitler kerap mendapatkan cambukan tali pinggang oleh sang ayah yang kejam. Teman-teman Hitler sering mengejeknya sebagai anak yang cengeng karena setiap di cambuk ia selalu menangis. Yang menjadi pertanyaan sekarang apa yang menjadi melatar belakangi seorang Hitler menjadi otak mesin perang yang sangat obsesif dan pantang menyerah, kejam sekaligus ambisius. Dialah segelintir tentara rendahan yang sanggup tampil menjadi hantu dunia, membawa Jerman dari cengkeraman asing dan keluar sebagai penguasa Eropa.

Dengan ambisi yang sangat menggebu-gebu ingin menjadikan Eropa dan dunia berada di bawah pemerintahan Ras Arya. Ras Arya yang berada di Jerman merupakan Ras yang wajib berada di atas dan memimpin dunia, menurut Hitler Ras bawahan seperti Kaum Yahudi, Gipsi, dan orang Asia harus tunduk kepadanya. Sebenarnya Hitler sewaktu kecil pernah di tolong seorang wanita Yahudi yang hendak bunuh diri, tetapi ketika wanita itu melihat bahwa ada seorang anak kecil yang berjalan di atas rel kereta api. Wanita itu lantas mengurungkan diri dan menolong anak kecil tersebut. Ternyata anak kecil itu nantinya akan menjadi seorang diktator yang kejam dan tanpa belas kasihan untuk membasmi dan melenyapkan kaum Yahudi.

Dari penjelasan diatas dalam penyusunan artikel ini akan dibahas tentang Riwayat hidup dan peristiwa penting semasa hidup Adolf Hitler antara lain :

1.      Masa – masa hidup Adolf Hitler

2.      Kemunculan NAZI

3.      Propaganda dan gaya pidato Adolf Hitler

4.      Peristiwa Holocaust

5.      Pertaruhan Adolf Hitler dalam perang Stalingrad

6.      Kematian Adolf Hitler

BAB II
PAPARAN DATA DAN ULASAN

1.1.Masa – masa hidup Adolf Hitler.

Adolf Hitler dilahirkan pada tanggal 20 apri 1889 di Braunau (Brawner), Austria, sebuah kota kecil yang bersebelahan dengan sungai Inn yang mengalir dari Jerman. Ayahnya bernama Alois Hitler, seorang pegawai kantor bea cukai. Sedang ibunya adalah seorang perempuan keturunan Yahudi. Masa kecil adolf Hitler sangatlah jauh dari kata bahagia, berbeda dengan anak seusianya ketika kecil yang senang bermain dan bersenang-senang. Ayahnya yang kejam sering menyiksa Hitler kecil dengan mencambuknya, hal ini dialami Adolf Hitler sejak berumur tiga tahun. Hitler kecil juga sering diejek temannya sebagai anak cengeng dan lemah karena selalu menangis ketika dicambuk. Pada suatu hari Hitler ingin menunjukkan bahwa dia anak yang kuat, Hitler kecil beruaha tidak menangis ketika mendapat cambukan. Dia menghitung jumlah cambukan yang diterimanya, ternyata jumlahnya mencapai 30 cambukan. Setelah itu Hitler kecil memberitahu ibunya dan berkata bahwa dia telah menjadi anak yang kuat karena mampu tidak menangis ketika mendapat cambukan (Zaviera, 2009 : 12).

Sang ibu tidak sanggup menolong Hitler kecil ketika mendapatkan cambukan dari suaminya. Ketika Hitler beranjak dewasa, dia mengetahui bahwa ayahnya adalah anak dari hasil hubungan gelap neneknya dan laki-laki seorang. Sejak itulah Hitler membenci orang-orang yahudi, dia ingin membalas dendam karena di alam bawah sadarnya dia sangat membenci ayahnya tersebut.

Hitler kecil sering berpindah – pindah domisili mengikuti orang tuanya, Dia dibawah orang tuanya ke kota Passau, Jerman. Dia menghabiskan masa kecilnya di kota tua ini. Setelah ayahnya pension keluarga Hitler pindah ke Lambach, dikota ini ada sebuah biara katolik yang di hiasi ukiran kayu dan batu yang di antaranya terdapat beberapa ukiran swastika. Biara ini menjadi tempat belajar Hitler kecil, dia sempat mempunyai cita-cita ingin menjadi biarawan. Tetapi setelah dewasa, cita-cita Hitler berubah. Dia ingin menjadi seorang seniman dan mulai mengikuti ujian masuk perguruan tinggi seni di Wina, Austria, namun gagal.

Kurang dari satu tahun setelah resmi menjadi warga Negara Jerman, karier politik Hitler tumbuh dengan pesat. Hitler berhasil menjadi kanselir Jerman pada januari 1933, waktu itu dia berumur 44 tahun. Setelah kematian presiden paul von hidenburg, Hitler mulai menunjukkan otoriternya, Hitler menyuruh bawahannya mendata kaum yahudi di Jerman, kemudian Hitler juga membunuh lawan-lawan politik secara ekstrim. Partai NAZI berkembang dengan pesat dan menjadi partai yang terkuat dan terbesar.

Setelah menjadi partai yang terkuat Hitler mulai merancang jalan menuju penaklukan bangsa-bangsa Eropa dengan memperkuat benteng di Rhineland (1936), juga menguasai Austria pada maret 1938 dan Sudetenland, benteng pertahanan di perbatasan Cekoslovakia. Setelah merebut wilayah – wilayah di Cekoslovakia, rencana berikutnya yaitu menaklukkan Polandia, dan pada agustus 1939 Jerman berhasil menduduki Polandia. Pada april 1940 Jerman menyerang Denmark dan Norwegia, sebulan kemudian Jerman menginfasi Belanda, Belgia dan Luxemburg. Pada bulan juni Prancis berhasil dikuasai. Para pasukan NAZI berhasil menaklukkan Yunani dan Yugoslavia pada april 1941 (Zaviera, 2009: 21).

Pada pertengahan tahun1942, Jerman menguasai bagian terbesar wilayah Eropa yang tak pernah sanggup di lakukan oleh siapapun dalam sejarah. Hitler juga menguasai Afrika Utara. Namun titik balik peperangan terjadi pada paro kedua 1942 ketika Jerman dikalahkan dlam pertempuran di El-Alamein, Mesir dan Stalingrad, Rusia. Awal kekalahan Hitler adalah saat menggempur Kursk, dan dalam penyerangan ini Jerman kalah dan pasukan NAZI mendapat pukulan telak di Stalingrad. Pasukan sekutu kemudian mendarat di Normandia, Prancis. Tak lama kemudian Berlin berhasil di taklukkan oleh pasukan gabungan Rusia. Hitler menyadari bahwa akhir petualangannya akan segera tiba. Dia lalu menikahi Eva Braun. Mereka kemudian melakukan bunuh diri di berlin pada 30 april 1945. Tujuh hari kemudian Jerman menyerah kepada sekutu.

1.2.Kemunculan NAZI

Di balik kekejaman Adolf Hitler ternyata, Hitler muda pernah menjadi seorang buronan. Hal ini terjadi karena Hitler menolak untuk untuk menjalani wajib militer di Austria. Tetapi berhasil di tangkap saat berada di Jerman oleh polisi Austria. Hitler sangatlah beruntung, di karenakan saat tes kesehatan dokter memvonis Hitler mempunyai penyakit dan akhirnya dia dibebaskan dari wajib militer (Pambudi, 2006 : 26).

Setelah bebas Hitler pergi ke Jerman dan malah menjadi tentara di Jerman, dia berhasil mencapai pangkat kopral di tentara sukarela di Jerman. Hitler muda berkembang dan tumbuh menjadi nasionalis Jerman yang fanatik, dia sangat kecewa saat para petinggi di Jerman menandatangani perjanjian Versailles 1918. Hitler menganggap itu sebuah pengkhianatan yang sangat besar, peristiwa itu menambah kekacauan di Negara Jerman yang sudah berubah nama menjadi Republic Weimar. Perekonomian sangatlah merosot tajam, inflasi meroket secara tak masuk akal dan rakyat Jerman mengalami kelaparan.

Setelah perang dunia usai Hitler di angkat menjadi pengawas politik untuk kantor local ketentaraan, dalam posisi ini memberi Hitler jalur hubungan dengan kelompok – kelompok politik di Munich. Hitlerpun bergabung dengan partai buruh nasional Jerman yang akan dikenal dengan nama NAZI, karena keterkaitan dengan partai politik Hitler akhirnya di pecat sebagai pengawas politik. Setelah di pecat Hitler membulatkan tekatnya untuk terjun ke politik dan berambisi menjadikan Negara Jerman kembali ke puncak kejayaan. Visi politik Hitler adalah mengembalikan harkat dan martabat bangsa Jerman yang telah terinjak-injak sesudah perang.

Selama periode tahun 1919 sampai 1921 Hitler mendaki tangga kekuasaan dalam partai buruh tersebut. Kepiawaiannya dalam berorasi sangatlah lihai, mempunyai charisma yang sangat magnetis dan mampun menghipnotis para pendukungnya. Tidak heran dalam waktu dua tahun Hitler telah menjadi pemimpin (fuehrer), wataknya yang keras dan mempunyai semangat yang berapi-api. Hitler mendapat dukungan dari berbagai pihak Antara lain seorang pilot pesawat tempur Hermann goering, politikus kejam Ernst Roehm, mahasiswa fanatic Rudolf hess, dan rasialis tulen Alfred Rosenberg (Pambudi, 2006 : 30).

Di bawah pimpinan Hitler, seakan kaum NAZI mendapatkan energi baru yang luar biasa sehingga tumbuh dengan pesat. Perekrutan anggota berjalan dengan lancar dan semakin banyak simpatin dari rakyat Jerman yang ikut bergabung. Pada tahun 1923 perekonomian Jerman benar-benar terpuruk, jatuhnya roda perekonomian sejak perang dunia I membuat Jerman jatuh ke dalam kebangkrutan. Rakyat pun panic dan kalut dalam situasi itu, dalam situasi seperti itu Hitler memancing kerumunan massa di rumah minum, memobilisasi kekuatan, menggalang dukungan, melakukan orasi dan dengan cepat dia semakin popular.

Pada tahun 1923, Hitler di bantu dengan 600 paramiliter NAZI bergerak cepat menggulingkan pemerintahan yang sah. Hitler menyandra kepala pemerintahan provinsi Bavaria, Gustav von kahr, dan mendeklarasikan susunan pemerintahan yang baru. Kejadian itu di kenal dengan The Munich Beer Hall Putsch. Polisi berhasil menggagalkan kudeta yang dilakukan Hitler, kemudian Hitler di seret ke pengadilan atas tuduhan penghianatan terhadap Negara. Di dalam sidAng Hitler melakukan pembelaan, Hitler berorasi dan membuat massa yang hadir di ruangan siding diam tak berkutip karena kepandaian Hitler dalam berorasi. Hakim akhirnya memberikan vonis kepada Hitler hukuman 5 tahun penjara atas percobaan kedeta, namun hukuman itu dijalaninya selama Sembilan bulan.

Masa – masa di dalam penjara merupakan periode yang krusial bagi Hitler. Di dalam penjara Hitler sering di jenguk oleh rekan – rekan politiknya. Hitler bisa mengambil jarak dengan realitas sehingga dia bias menyusun konsep-konsep politik dan menyusun visi misi secara lebih rinci. Di dalam penjara ini Hitler menulis buku yang berjudul Mein Kampf (perjuanganku) yang di anggap sebagai kitab suci kaum NAZI. Dalam buku itu memuat ide-ide gila Hitler, menurutnya sejarah merupakan catatan pertarungan ras-ras manusia. Dan ras arya yang berpusat di Jerman akhirnya akan menang dan menguasai dunia, dan Hitler mengutuk bangsa-bangsa yang dianggapnya sebagai ras rendahan dan harus dimusnahkan dari muka bumi. Yang sering di sebut adalah bangsa Yahudi dan Slavia, rencana ekspansi ketimur untuk menahklukkan Rusia juga di sebutkan dalam buku itu.

Ide lain yang tidak kalah gila dalam Mein Kampf adalah Lebensraum ( konsep ruang hidup ), Jerman sebagai Negara yang besar memerukan sejumlah wilayah yang ditaklukannya. Setelah perang dunia I wilayah pendukung Jerman berhasil di kuasai sekutu, itu sebabnya Jerman tidak bisa menopang perekonomiannya.

Setelah keluar dari penjara adolf Hitler menyusun kembali barisan NAZI untuk menggapai ambisi – ambisi politiknya. Penjara merupakan tempat yang sangat berjasa dalam pembuatan dasar-dasar tujuan politik Hitler, tujuan itu menjadi lebih jelas bagi para pendukung dan calon pendukungnya. Hitler semakin gencar melakukan orasi dalam menghimpun dukungan, dan dia memiliki kitap suci sebagai pedoman khotbahnya.

Pada periode 1925 hingga 1930 di habiskan Hitler untuk membangun jaringan sel organisasi partai hingga ketingkat lokal di seluruh Jerman. Hitler membangun kedisiplinan partai NAZI seperti ia membangun kesatuan militer sendiri, pada massa inilah barisan paramiliter NAZI mendapat nama resmi Schutzstaffel atau sering disingkat S.S., sebuah nama yang akan menjadi legenda. Pasukan ini awalnya hanya dijadikan sebagai pengawal pribadi, tetapi lambat laun di gunakan untuk berbagai tujuan terutama terkait dengan terror politik,pengumpulan data intelejen, hingga melakukan pembantaian bangsa Yahudi dan bangsa Slavia.

1.3.Propaganda dan gaya pidato Hitler

Hitler bukan tipe orang yang senang bekerja di balik layar, dia adalah pemimpin sejati. Dia menyampaikan sendiri gagasan dan ide-ide gilanya di depan public, dia pandai memanipulasi massa dan merasuk ke jiwa-jiwa orang Jerman. Hitler menyeba propaganda untuk membentuk persepsi, memanipulasi pikiran, dan mengarahkan kelakuan untuk mendapatkan reaksi yang diinginkan. Penggunaan media publik untuk menyusun kerangka permasalahan saat itu digunakan dengan sangaat baik untuk menarik dukungan terhadap pemerintahan.

Hitler berhasil menggunakan empat jenis propaganda yang paling efektif; pertama, propaganda agitasi yang berhasil membuat massabersedia memberikan pengorbanan yang besar bagi tujuan yang langsung. Kedua, propaganda vertical, Hitler telah menggunakan radio dan surat kabar untuk menyebarkan ideologinya. Ketiga, propaganda horizontal, Hitler juga melakukan komunikasi organisasi serta sering dengan komunikasi massa untuk menanamkan propagandanya. Keempat, propaganda integrasi, propaganda terakhir bertujuan jangka panjang dan Hitler memanfaatkan dengan penanaman dokttrin kepada semua warga Jerman (Windham, 2011 : 90).

Hitler juga menggunakan tiga metode untuk membuat orang takluk kepadanya, Hitler melakukan metode persuasive yang sukses menimbulkan kemauan atau sukarela bagi pengikutnya secara tidak sadar bertindak atas kemauannya. Metode koersif yaitu dimana Hitler melakukan komunikasi dengan semua orang dengan menimbulkan ketakutan agar melakukan keinginannya tanpa sadar. Metode yang sering digunakan selama berkuasa yaitu metode pervasif, penyampaian ideologi dengan penuh semangat dan menyebar luar secara cepat dan dilakukan secara terus menerus dan berulang-ulang kepada orang Jerman. Dengan berbagai metode diatas, Hitler berhasil merubah ribuan warga Jerman menjadi orang-orang yang fanatic terhadap Hitler.

            Selain menyebar propaganda, Hitler juga didukung oleh kemampuan berorasi atau berpidato yang sangat fantastis. Hitler awalnya bukan seorang yang pandai berpidato, setelah menyembuhkan luka-luka pada perang dunia I dia kembali ke muenchen yang saat itu mengalami pergolakan perekonomian. Dia dating ke sebuah forum, awalnya dia hanya menguping dan mendengarkan saja tanpa mengatakan sepatah kata pun. Tetapi dia tidak bias menahan diri untuk menyampaikan pendapatnya tentang nasionalis.

Awalnya suara Hitler hanya sayup, dia sedang belajar menyampaikan pemikirannyadan mempengaruhi pendengarnya. Dalam pertemuan berikutnya Hitler mulai lantang dan mempengaruhi sebagian orang dalam forum, kemampuannya terus meningkat hingga dia mampu secara perlahan berbicara yang mampu menyulut semangat. Dalam waktu singkat ia menjadi pembicaraan di setiap sudut kota.

Pendengarnyapun bertambah banyak,  banyak orang membicarakan Hitler dan merasa penasaran terhadapnya. Hitlerpun mulai melakukan perekrutan pegikutnya, tetapi pada tanggal 26 februari 1924 Hitler ditangkap dan di bawa ke pengadilan Negara dengan tuduhan penghianat Negara. Dalam sidang Hitler malah menggunakan kesempatan itu untuk berorasi. Dia menyampaikan propaganda dengan menyebut bahwa masih ada yang lebih penghianat dari dirinya, yaitu pemerintahan pusat yang membiarkan martabat bangsa Jerman rendah dibanding kaum yahudi.

Hitler memang selalu bersemangat ketika melakukan pidato, dia selalu menunjukkan kemarahan luar bisa untuk memompa semangat pendengarnya. tubuhnya bergunguncang, suaranya lantang, keras dan tegas. Sorot matanya tajam dan tangannya bergerak kian kemari dalam berpidato di depan ribuan massanya. Hitler mempunyai totalitas dalam berpidato, tidak heran ribuan orang berbondong-bondong untuk menyaksikan Hitler berpidato.

1.4.Peristiwa Holocaust

Menurut istilah Holocaust merupakan nama untuk mendeskribsikan pemusnahan suatu kelompok bangsa secara teratur, ada lebih dari 5 juta orang Yahudi yang menjadi korban pembunuhan orang jerman pada masa perang dunia II. Awal dari peristiwa Holocaust adalah pemusnahan massal terencana yang di sebut Kristallnacht pada tanggal 8 november 1938 dan 9 november 1938 dan program Euthanasia T-4, yang kemudian mengarah ke pembentukan pasukan pembunuh dan kamp pemusnahan dalam usaha membantai setiap orang yang menjadi target Adolf Hitler dan pasukan NAZI.

Orang Yahudi adalah korban terbanyak pada masa Holocaust, yaitu sekitar 6 juta orang yang terbunuh. Jutaan kaum minoritas lain juga tewas Antara lain : 220.000 orang sinti dan roma, kelompok lain yang di anggap NAZI kelompok yang paling rendah dan berbahaya adalah 6 juta jiwa orang Polandia , 1,2 juta jiwa orang Serbia, 500.000 orang Bosnia, para narapidana perang pasukan Soviet dan warga sipil di daerah dudukan termasuk orang Rusia dan Slowakia Timur, orang yang cacat mental atau fisik, kaum homoseksual, orang-orang Afrika, saksi - saksi Yenova, para Komunis, kaum Trade unionists, para penganut paham Freemason, orang –orang Kristen Timur dan pendeta – pendeta katolik dan protestan, juga disiksa dan dibunuh (Downing, 2007 : 9).

Holocaust memiliki karakteristik sebagai usaha yang efisien dan sistematis dalam skala yang sangat besar untuk mengumpulkan dan membunuh sebanyak mungkin orang dengan menggunakan semua akal dan teknologi yang tersedia bagi NAZI. Dalam sebuah pembantaian yang dilakukan oleh pasukan Jerman terhadap ribuan orang Yahudi di Polandia, Ukraina dan Belarus dengan cara menembak mereka telah menjadikan kemerosotan dan ketidaknyamanan di Antara pasukan Jerman. Hal ini membuat NAZI melakukan usaha untuk mencari alat – alat yang lebih Efisien untuk membunuh lebih banyak orang. NAZI menciptakan metode – metode yang lebih mekanis, di mulai dengan peledak dan racun.

Pada tahun 1941 NAZI menggunakan dinamit, tetapi sedikit orang yang mati dan lainnya mengalami luka dan kaki tangannya buntung, sehingga pasukan jerman menghabisi mereka dengan senapan mesin. Pada bulan oktober NAZI mencoba menggunakan mobil gas, awalnya mereka menggunakan mobil militer ringan dengan hasil dapat membunuh dalam waktu 30 menit. Kemudian mereka menggunakan truk yang lebih besar dan waktu yang dibutuhkan hanya delapan menit untuk membunuh semua orang yang berada di dalamnya.

Pada musim semi tahun 1942, kamp – kamp Reinhard mulai di operasikan. Gas karbon monoksida digunakan di dalam kamar-kamar gas di Belzec, Sobibor, dan Treblinka, dan gas Zyklon B di kamar –kamar gas di Majnadek dan Auschwits. Pembuangan mayat dengan skala besarpun memunculkan masalah logistic, tetapi dengan menaikkan temperature tungku – tungku pembakaran sehingga dapat dipertahankan dengan lemat tubuh dari mayat tersebut. Dengan diselesaikannya masalah – masalah teknis maka NAZI dapat melakukan pemusnahan dengan skala penuh.

Holocaust secara geografis tersebar luas dan secara sistematis di laksanakan di semua area – area kekuasaan NAZI, dimana orang Yahudi dan korban lainnya diincar dari berbagai daerah di Eropa yang terpisah – pisah. Mereka dikirim ke kamp – kamp kerja paksa dan ke kamp pemusnahan, pembunuhan terparah terjadi di Eropa Tengah dan Timur  yang menyebabkan 7 juta orang Yahudi. Kemudian pemusnahan ini akan berlanjut ke Negara yang akan di duduki NAZI seperti Inggris Raya dan Republik Irlandia (Downing, 2007 : 15).

Holocaust terkenal dengan kekejaman yang tanpa pandang bulu, bahkan anak kecil dan bayi disiksa terlebih dahulu sebelum dibunuh. NAZI juga melakukan eksperimen medis untuk para narapidana, sebut saja Dr. josef Mengele ketua petugas medis di Birkenau di kenal dengan nama Angel Of Death. Salah satu eksperimennya yaitu percobaan mengubah warna mata dengan menyuntikkan zat warna ke mata, eksperimennya yang lain yaitu memasukkan manusia ke dalam ruangan bertekanan, percobaan dengan obat – obatan yang beragam dan membekukan mereka hingga mati. Subyek – subyek yang menjadi eksperimen dokter Mengele yang selamat hamper selalu terbunuh setelak eksperimen – eksperimen pembedahan. Aribert Heim, dokter lain yang bekerja di Mauthausen, dikenal dengan nama Doctor Death.

Di karenakan kekuatan organisasi dan militer Negara Jerman NAZI dan pendukungnya yang kewalahan, beberapa orang Yahudi dan korban Holocaust yang lainnya mampu melakukan perlawanan sehingga mereka tidak dibunuh. Akan tetapi banyak kasus – kasus perlawanan ini menewaskan pasukan Yahudi yang bersenjata. Contoh perlawanan pasukan bersenjata Yahudi yang terbesar adalah perlawanan Ghetto Warsaw dari bulan april hingga mei 1943. Selain itu muncul perlawanan besar di tiga kamp – kamp pemusnahan, pada bulan Agustus 1943 sebuah pemberontakan terjadi di kamp pemusnahan Treblinka. Banyak gedung – gedung di bakar habis dan tujuh puluh tahanan berhasil melarikan diri, namun 1500 tahanan lain dibunuh. Pada bulan oktober 1943, sebuah pemberontakan juga terjadi di kamp pemusnahan Sobibior. Pemberontakan ini terbilang sukses dikarenakan 11 pasukan SS dan penjaga Ukraina berhasil dibunuh, sekitar 600 tahanan berhasil melarikan diri dan 50 diantaranya berhasil bertahan selama perang.

Pada bulan juli 1944, kamp utama NAZI pertama, Majdanek, di temukan oleh soviet dalam penyerbuan mereka. Mereka akhirnya membebaskan kamp Auschwitz pada bulan januari 1945. Hamper setiap kamp di temukan oleh pasukan Soviet semua narapidananya sudah di pindahkan, mereka hanya meninggalkan beberapa ribu narapidana yang masih hidup. Kamp – kamp konsentrasi juga dibebaskan oleh pasukan Amerika dan Inggris, termasuk kamp konsentrasi Bergen – Belsen pada tanggal 5 April 1945, inilah masa pertanda berakhirnya Holocaust. Kira – kira 60.000 narapidana ditemukan di kamp ini, namun hanya 10.000 diantaranya meninggal karena penyakit dan kekurangan gizi beberapa minggu setelah pembebasan.

1.5.Pertaruhan Hitler dalam perang Stalingrad

Pada musim panas tahun 1941, Hitler merancang sebuah operasi untuk mengalahkan Rusia yang gagal di lakukan oleh Napoleon Bonaparte. Operasi ini di namakan dengan operasi Barbarossa, operasi ini bertujuan untuk meletakkan seluruh pasukan jerman di setiap penjuru Rusia. Seluruh ahli perang pasukan jermanpun di kumpulkan untuk merencanakan dan memperhitungkan hal terburuk, masalah yang utama di hadapi pasukan jerman adalah persoalan logistic. Hitler menggunakan strategi yang keji untuk mencapai tujuannnya, yaitu para prajurit merampok bahan pangan dan apapun yang bias di ambil dari rakyat Rusia. Hal ini akan menyebabkan kematian rakyat sipil yang akan luas karena kelaparan, tapi Hitler tidak peduli akan nasib warga sipil tersebut (Schneider & Charles, 2007 : 22).

Pada awalnya gerakan maju pasukan Jerman sangatlah lancar, namun ketika pergantian musim panas ke musim gugur gerakan pasukan Jerman semakin lambat. Ganasnya alam Rusia ketika musim dingin merupakan musuh utama yang dihadapi selain Tentara Merah milik Rusia. Pada bulan desember operasi Barbarossa terhenti secara total, jeda musim dingin disiapkan untuk penyerangan pada musim semi tahun 1942. Soviet juga mengambil keuntungan dengan melakukan persiapan perang dalam jeda musim dingin, mereka merekrut tentara lebih banyak dan menembak para penghianat.

Pada bulan maret 1942, Soviet menyerang terlebih dahulu dengan serangan tiga cabang. Di Crimea, sebuah usaha dilakukan untuk membebaskan Sevanstafol, di utara dilakukan untuk mengembalikan hubungan komunikasi dengan Moskow dan Liningrad, dan di selatan di lakukan serangan besar-besaran untuk mengambil alih Kharkov dan menciptakan kembali kontrol Soviet terhadap lembah Donetz. Namun serangan tiga cabang itu semuanya mengalami kegagalan, di karenakan Soviet terlalu menganggap remeh kekuatan Jerman.

Soviet menggerakkan ratusan ribu prajurit dengan peralatan yang paling canggih di bawah komando Marsekal Timoshenko. Pasukan ini diharapkan memukul mundur pasukan Jerman yang ada di Kharkov dan mendorong Wehrmacht ( Angkatan Darat Jerman) kembali ke Ukraina. Pada tanggal 12 Mei 1942 pasukan Soviet berhasil menembus pertahanan Jerman di selatan kota, saat itu lima hari sebelum Jerman pulih dan melakukan serangan balasan, Soviet telah menciptakan koridor sepanjang 70 mil yang diserang jerman pada tanggal 18 mei (Schneider & Charles, 2007 : 27).

Pada tanggal 23 mei, kemenangan yang sudah di depan mata pasukan Soviet berbalik menjadi bencana. Pasukan Jerman mengepung pasukan Timoshenko, menawan 240 ribu orang dan sebagian dari peralatan mereka mengakibatkan sebuah kekalahan yang bahkan lebih besar dari pada yang diderita oleh Front Liningrad. Setelah berhasil mengatasi serangan Rusia, Jerman bersiap-siap untuk menyerang balik. Hitler ingin menaklukkan Kaukasus di bawah kontrol jerman, pasukan di Liningrad dan moskow di tempatkan dalam posisi bertahan sehingga pasukan selatan dapat di perkuat dalam penyerangan ini.

Grup selatan menjadi dua golongan, pasukan group A dibawah komando jendral list dan pasukan grup B di bawah pimpinan jendral Bock. Pasukan grup A akan menyerang kaukasus dan pasukan grup B akan mengamankan sayap kirinya, untuk memperkuat pasukan ini Jerman mendatangkan pasukan dari negara satelit seperti Hungaria, Italia, dan Rumania. Serangan di mulai pada bulan juni, grup B melaju dengan lancar menuju lembah Donetz dan Don. Sementara itu grup A melakukan serangan terhadap Rostov di selatan dan berhasil menguasai ladang-ladang minyak pada tanggal 9 Agustus, kemudian pasukan Jerman bergerak menuju timur  maju ke lading minyak di Grozny dan Baku.

Pada awal September serangan pasukan Jerman diperlambat karena masalah suplai dan kemudian menghentikan pasukan, meskipun Jerman telah masuk kedalam jantung kota kaukasus tetapi mereka tidak mampu mengejar pasukan Soviet yang mundur. Setelah peralatan dan perlengkapan bor  di Maikops dapat diperbaiki, seluruh bensin dan minyak harus di angkut ke barat hal yang mustahil di lakukan. Akhirnya pada akhir September pasukan Jerman terpaksa menghentikan serangan beberapa ratus mil dari tujuan. Pada tanggal 23 agustus pasukan ke-6 jendral Paulus mencapai pinggiran stalinggrad, mereka berhasil membangun pangkalan di Volga. Pada sore harinya pasukan jerman melakukan penyerangan terhadap Stalingrad membuat ribuan orang terluka dan separuh kota hancur, penduduk Stalingrad menolak untuk menyerah, dan berbalik melakukan barikade di jalan, setiap persimpangan dengan puing-puing kayu. Ini membuat pasukan Jerman tidak bisa menguasai Stalingrad karena setiap rumah dan gedung merupakan penghalang dan benteng ibarat kamp musuh.

Pada bulan November pasukan Soviet melakukan penyerangan dan memaksa jenderal Paulus meminta bala bantuan pasukan kepada Hitler, tetapi Hitler menyuruh Paulus terus bertahan dan mempertahankan Stalingrad. Hitler akhirnya mengirim pasukan pembebasan yang dipimpin jenderal Von Manstein, meskipun mengirim pasukan tetap saja tidak membantu pasukan Paulus hingga pertengahan desember. Setelah memperjuangkan pasukan selama empat bulan akhirnya pada 31 januari pasukan

1.6.Kematian adolf hitler

Setelah kekalahan perang di berbagai wilayah yang di duduki tentara Jerman. hitler mulai hilang semangat karena dia mengetahui bahwa tidak lama lagi kekaisaan yang dibangunnya selama 12 tahun akan runtuh. Akhirnya Hitler bersama pengantinnya Eva Braun bunuh diri bersama, kemungkinan ini terjadi dikarenakan Hitler malu jika tertangkap oleh pasukan musuh. Kepala hitler hancur terkena tembakannya sendiri, sementara Eva Braun terbujur kaku tanpa luka karena Eva Braun mengakhiri hidupnya dengan menenggak racun.

Mayat hitler dan Eva Braun di keluarkan dari salah satu kamar di dalam bungker oleh sopir pribadi Hitler dan  Bormann, kemudian mayat itu dibawa ke taman, setelah itu di masukkan kedalam sebuah lubang dan dibakar dengan bensin. Karena hebatnya api melahap tubuh Hitler dan Eva Braun, hingga tulang belulangpun habis tidak tersisa. Menurut penuturan sopir pribadi Hitler yang bernama Kempka kepada para intelejen Inggris dan Amerika bahwa tulang belulang itu hilang tanpa ada yang tersisa dikarenakan gempuran senjata berat pasukan Rusia yang tanpa henti (Pambuni, 2006 : 170)

Adolf hitler pernah diisukan masih hidup, dikarenakan masih banyak kejanggalan atas kematian Adolf Hitler dan Eva Braun. Sebuah potongan tengkorak yang selama ini di yakini milik Hitler berdasarkan hasil analisis DNA ternyata milik perempuan yang berusia kurang dari 40 tahun. Para ilmuan dan ahli sejarah sudah lama menyatakan, bahwa tengkorak itu akan menjadi bukti yang menyakinkan bahwa Hitler mati bunuh diri dengan menembakkan dirinya hingga tewas setelah minum pil Sianida pada tanggal 30 April 1945.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh peneliti dari AS seorang ahli Arkeologi, mengatakan bahwa tulang tengkorak itu lebih tipis sedangkan tengkorak milik laki-laki cenderung kuat dan tebal. Dari persambungan dimana lempengan tengkorak itu menyatu tampak berhubungan dengan seorang yang berusia 40 tahun, padahal saat Hitler tewas pada tahun 1945 sudah berusia 56 tahun. Dan umur Eva Braun saat itu juga berusia 28 tahun dan tidak ada tanda-tanda bekas peluru di tengkoraknya (Zafiera, 2009 :129).

Sebuah misteri yang menyelimuti kematian sang dictator, penjabat di gedung arsip Rusia menyatakan bahwa jasad Hitler memang tidak lengkap dan dalam proses otopsi. Bukan hanya sekedar berita biasa jika isu tentang Adolf Hitler yang masih hidup terus menghantui sejarah.

Jerman menyerah kepada Soviet dan berakhirlah perang di Stalingrad. Atas upaya pertahanan Stalingrad korban yang diderita jerman sebanyak 72 ribu prajurit tewas, 42 ribu terluka, dan 107 ribu menjadi tahanan perang, sangat jarang begitu banyak orang yang di korbankan hanya untuk ambisi satu orang, dan sangat jarang orang begitu berani berjuang demi kota dan rumah tercinta (Schneider & Charles, 2007 : 35).

2.1.ULASAN

Berlatar belakang keluarga yang keras akan merubah sikap seorang terhadap lingkungannya. Tidak terkecuali seorang Adolf Hitler yang terlahir di kota kecil di Austria di dalam sebuah keluarga yang cenderung keras, ayahnya Alois Hitler adalah seorang keturunan Yahudi yang bekerja di kantor Bea Cukai di Austria. Hitler kecil sering mendapatkan cambukan dari ayahnya, dan sering di sebut si cengeng di karenakan jika di cambuk Hitler selalu menangis. Tempat tinggal hitler selalu berpindah-pindah mengikuti pekerjaan ayahnya yang berpindah-pindah.

Hitler pernah menetap di Lambach, sebuah kota tua kecil dimana Remaja Hitler pernah mempunyai cita-cita ingin menjadi seorang Biarawan. Ketika dewasa dia ingin menjadi seorang seniman, sehinggga Hitler mengikuti ujian masuk perguruan tinggi kesenian di Wina, namun dia mengalami kegagalan. Hitler pernah menjadi buronan karena menolak wajib militer di Austria, namun akhirnya bisa ditangkap di kota Munich. Setelah dibawa kembali ke Austria, Hitler akhirnya bebas dari wajib militer dikarenakan menurut dokter yang memeriksanya dia memiliki penyakit.

Setelah bebas dari wajib militer di Austria, dia kembali ke Munich dan menjadi tentara sukarela Jerman. Pangkat tertinggi yang di sandangnya ketika perang dunia I adalah Kopral. Selama perang dunia I hitler juga mengalami luka, yaitu Hitler kehilangan satu zakarnya karena terkena bom gas. Setelah perang dunia I berakhir Hitler di tugaskan menjadi pengamat politik untuk kantor pertahanannya, dari pekerjaan ini Hitler dekat dengan para plitik besar Jerman. Selang beberapa bulan Hitler di pecat dari pengawas politik, kemudian dia bergabung dengan partai social nasionalis Jerman yang kelak di kenal dengan partai NAZI.

Nazi tidak hanya sebuah partai biasa, tetapi sebuah organisasi yang kelak oleh Hitler digunakan untuk menggapai cita-citanya untuk menguasai Eropa dan Dunia. Dari pekerjaannya dulu sebagai pengawas Hitler telah mampu berorasi secara lancer dan dapat mempengaruhi pendengarnya. Pada awalnya hitler datang kesebuah forum diskusi, dia hanya diam saja tanpa mengeluarkan sepatah katapun, di pertemuan kedua dia mulai bicara tetapi suaranya masih pelan dan tidak mempengaruhi pendengarnya. Di pertemuan selanjutnya Hitler sudah mulai bias menguasai bicaranya dan dapat mempengaruhi pendengarnya dan mampu mengundang masyarakat untuk mengetahui saat Hitler berpidato. Beberapa bulan kemudian Hitler berhasil menjadi pemimpin partai NAZI.

Pada 1923 Hitler bersama para militer NAZI berhasil menggulingkan pemerintahan yang sah, pemerintahan yang sah sangat bertanggung jawab atas kemerosotan perekonomian Jerman setelah perang Dunia I. Hitler mengutuk  pemerintah yang saat itu memimpin karena mereka yang telah menandatangani perjanjian Versailles 1918, karena telah menginjak-nginjak martabat bangsa Jerman, selang beberapa hari Hitler ditangkap dengan tuduhan pengkhianatan terhadap negara dan Hitler di penjara kurang lebih 9 bulan. Di dalam pengadilan Hitler melakukan orasinya dan menyebar propaganda, hal itu cukup membuat massa yang hadir terpengaruh terhadap ucapan Hitler.

Di dalam penjara Hitler lebih leluasa mengorganisir partainya, sehingga mampu menjalankan perekrutan NAZI dan mengatur siasat politik ketika sudah bebas nanti. Setelah bebas Hitler semakin mendapatkan banyak dukungan dari massa Jerman di karenakan visi misi Hitler yang jelas ingin memajukan perekonomian Jerman dan membawa Jerman berdiri kokoh menjadi pemimpin dari negara_negara Eropa. Setelah membentuk militer sendiri, Hitler memulai penyerangan ke sejumlah daerah di Eropa dan berhasil menaklukannya. Selama menduduki daerah jajahannya, hitler juga mengadakan operasi pemusnahan bangsa Yahudi dan orang-orang Ras kecil di bawah Ras Arya. Ras arya menurut Hitler di anggap ras yang pantas memimpin Dunia ini.

Pada masa yang kelam ini banyak orang Yahudi dan Orang Ras yang lain di musnahkan secara kejam oleh Hitler. Lebih dari 6 juta orang Yahudi tewas di kamp-kamp penampungan dan kamp pemusnahan, mereka di siksa secara kejam dan tidak manusiawi. Hitler berhasil menguasai hampir separuh daratan Eropa,  kemunduran Hitler mulai tercium ketika Tentara SS yang dikerahkan untuk menaklukkan Rusia harus kandas dan menyerah. Setelah sekutu bergabung dengan inggris maka pada saat itulah Jerman dan kekaisaran yang di bangun Hitler mengalami keruntuhan.

Ketika Hitler merasa tidak ada lagi yang bias di lakukan di masa depan, dia memutuskan bunuh diri dengan menembakkan senapan ke kepalanya. Hitler tidak mati sendirian dia juga mengajak kekasihnya Eva Braun yang baru dinikahinya di saat-saat menjelang kekalahan pasukannya, Eva Braun meninggal karena meminum racun. Kematian hitler sangatlah misterius dan di selimuti banyak tanda tanya. Dikarenakan penelitian yang dilakukan oleh ahli Arkeologi dari AS menemukan, bahwa tengkorak yang di temukan di bungker sangatlah tipis jika di banding tengkorak laki-laki. Bahkan dilihat dari persambungan antar tengkorak menandakan pemiliknya masih berumur 40 tahun, sementara Hitler ketika bunuh diri telah berusia 55 tahun.

BAB III
PENUTUP

Seorang yang dulunya cengeng dan lemah bias menjadi seorang diktator yang kejam sangatlah mustahil, tetapi ini pengecualian bagi seorang Adolf Hitler. Besar di keluarga yang sederhana dan memiliki seorang ayah yang kejam, sejak kecil selalu mendapatkan perlakuan yang kasar. Dan sejak itulah dia membenci seorang Yahudi. Hitler pernah menjadi seorang buronan polisi, bercita-cita menjadi Biarawan dan seorang seniman. Cita-cita tersebut tidak ada yang tercapai dan dia terjun ke dunia militer bergabung dengan tentara sukarela di Jerman dan mendapat jabatan Kopral. Pernah mendapatkan luka dan harus kehilangan satu zakarnya pada perang dunia I.

Setelah perang dunia usai Hitler di daulat kantornya menjadi seorang pengamat politik, dari sinilah Hitler memulai semua keinginannya ingin menguasai Eropa dan Dunia. Dia mulai belajar berorasi dan bergabung dengan partai social nasionalis jerman yang di kenal dengan nama NAZI, dia berhasil menjabar sebagai pemimpin tertinggi NAZI karena kepiawaiannya dalam berorasi dan mempengaruhi pendengarnya. Dalam beberapa bulan Hitler mampu menjadikan NAZI sebagai kelompok militer yang kuat, ia kemudian melancarkan serangan untuk menggulingkan pemerintahan yang sah. Beberapa hari kemudian dia di tangkap atas tuduhan pengkhianatan negara.

Selama di penjara Hitler menyusun berbagai rencana politiknya dengan sangat bagus, hingga ia keluar dan berhasil membuat kelompok NAZI menjadi kelompok yang terkuat. Setelah itu Hitler melakukan penyerangan untuk menaklukkan beberapa negara di Eropa, hasilnya begitu memuaskan polandia, belanda, Rumania, italia berhasil ia kuasai. Masa kejayaan Hiitlerpun mendapat sukses yang besar. Akan tetapi keberuntungan tidak selalu berpihan kepada Hitler, serangan yang dilancarkan secara besar-besaran di Stalingrad membuat pukulan telak kepada NAZI. Kekalahan itu menjadi awal keruntuhan kejayaan Hitler.

Detik-detik menjelang runtuhnya masa kejayaan Hitler, dia mengambil keputusan dengan menembak kepalanya sendiri. Dia merasa malu jika harus menyerah kepada musuh, Hitler melakukan bunuh diri tidak sendirian melainkan dengan kekasihnya Eva Braun dengan meminum racun. Setelah kematian Hitler dan penyerahan Jerman kepada sekutu, rakyat Jerman jauh lebih sengsara dari pada usai perang Dunia I. perekonomian jatuh dan kehidupan mereka harus di topang oleh bantuan dari negara lain, jutaan nyawa telah melayang akibat kediktatoran Hitler. Kaum Yahudilah yang banyak menelan korban ketika Hitler hidup, kebencian akan kaum Yahudi membuat Hitler melakukan operasi pemusnahan massal.

1 comment: