Monday, November 7, 2016

Analisis Strategi Perusahaan Sony

BAB I
PENDAHULUAN
I.1.   Latar Belakang
Telepon selular  merupakan salah satu alat komunikasi yang penyampaiannya bersifat verbal dan nonverbal. Telepon seluler atau lebih sering kita sebut handphone adalah perangkat telekomunikasi elektronik yang mempunyai kemampuan dasar yang sama dengan telepon fixed line konvensional, namun bisa dibawa kemana-mana ( portabel ) dan tidak perlu disambungkan dengan jaringan telepon yang menggunakan kabel (nirkabel ; wireless ).
Handphone merupakan salah satu kebutuhan manusia yang sangat penting, karena dapat digunakan sebagai alat komunikasi untuk memberikan informasi kepada seseorang  meskipun memiliki jarak yang jauh.

Modernisasi peralatan komunikasi terjadi secara terus-menerus dengan kecepatan yang semakin tinggi. Dengan demikian informasi yang ada dapat diakses dalam waktu singkat dan mampu tersebar dengan cepat. Awalnya telepon selular  hanya digunakan sebagai alat komunikasi saja, namun perkembangan yang terjadi adalah penggunaan telepon seluler tidak hanya sebagai alat komunikasi saja, tetapi juga dianggap mencerminkan status sosial , citra dan gaya hidup.
Dalam  upaya memenuhi kebutuhan tersebut saat ini bermunculan  berbagai alat komunikasi modern sebagai hasil dari kemajuan teknologi. Berbagai merek telepon seluler semakin banyak diperkenalkan dan beredar di pasaran seperti: Nokia , Samsung, Sony ericsson, Siemens, Motorola, Balckberry, LG, dan lain-lain. Dari berbagai merk telepon seluler yang ada di pasaran , salah satunya adalah sony ericsson yang terus meramaikan industri telepon seluler.
Di era globalisasi sekarang ini, bisnis ekonomi pun juga ikut terpengaruh. Batasan antarnegara menjadi semakin kabur pada saat teknologi komunikasi semakin maju. Hal ini membuat semakin ketatnya persaingan dalam dunia bisnis yang terjadi antar perusahaan – perusahaan besar. Perusahaan harus mampu memberikan kepada pelanggannya produk yang bermutu. Perubahan perubahan perilaku konsumen sangat penting diketahui oleh perusahaan agar dapat memperkirakan kebutuhan konsumen pada saat sekarang dan akan datang seperti mengetahui apa yang dibutuhkan, dan apa selera konsumen.
Sony ericsson adalah salah satu perusahaan terbesar Swedia yang merupakan  penyedia telekomunikasi terkemuka dan sistem komunikasi data, dan layanan terkait yang meliputi berbagai teknologi, termasuk khususnya jaringan selular yang juga memiliki peran besar dalam perangkat mobile.
Sony ericsson merupakan penggabungan dari perusahaan elektronik sony dan perusahaan telekomunikasi ericsson. Pada awalnya perusahaan ini menggunakan symbian OS sebagai sistem operasi produknya, popularitas android yang terus meningkat membuat sony ericsson melakukan peralihan terhadap sistem operasinya.
Pada awal abad 20, Ericsson mendominasi pasar dunia untuk pertukaran telepon manual. Pada oktober  2001 sony melakukan  merger dan masuk ke indonesia secara resmi pada februari 2002 dan terbukti mampu mempertahankan keberadaannya dipasar global maupun tanah air. Namun pada 2009, karena persaingan yang ketat dan begitu cepatnya setiap perusahaan telekomunikasi  melakukan suatu perubahan atauapun melakukan inivasi ,sony ericsson mulai mengalami keterpurukan karena munculnya smartphone android samsung dan apple iphone yang berhasil mencuri perhatian konsumen. Karena samsung dan apple memiliki brand image yang sangat baik di mata konsumen. Sony ericsson sendiri berada pada tingkat presentasi brand image terendah diantara samsung dan apple. Dan juga mengalami penurunan penjualan.
Namun ditengah rendahnya brand image yang dimiliki, sony ericsson secara global mengakuisisi sebesar 50% saham ericsson sehingga memiliki kepemilikan penuh dalam sony ericsson mobile communications. Sony ericsson kemudian mulai melakukan transformasi rebranding  menjadi sony mobile communications. Tidak hanya itu sony juga melakukan transformasi rebranding pada tingkat produk menjadi sony xperisa smartphone.
Rebranding yang dilakukan sony ternyata berhasil mencuri perhatian konsumen secara global. Terbukti dengan penjualan sony yang langsung meningkat, ditambah lagi sony terus melakukan inovasi dan terobosan baru sehingga semakin banyak konsumen yang memilih produk sony.
Sony kembali menjadi bintang dalam bidang telekomunikasi sejak sony mengeluarkan smartphone yang dapat bertahan didalam air. Dalam sekejap saja sony sudah menjadi bahan perbincangan konsumen global, karena ini merupakan suatu terobosan baru dalam dunia telekomunikasi.
I.2.   Rumusan Masalah
1.      Bagaimana sejarah perusahaan sony ericsson?
2.      Bagaimana analisis SWOT perusahaan sony ericsson?
3.      Bagaimana keunggulan kompetitif perusahaan sony ericsson?
4.      Bagaimana perubahan  yang terjadi pada perusahaan sony ericsson?
I.3.   Tujuan Penulisan
1.      Agar mengetahui sejarah perusahaan sony ericsson.
2.      Agar mengetahui analisis SWOT perusahaan sony ericsson.
3.      Agar mengetahui keunggulan kompetitif perusahaan sony ericsson.
4.      Agar mengetahui perubahan  yang terjadi pada perusahaan sony ericsson.



BAB II
PEMBAHASAN
II.1.Sejarah Perusahaan Sony Ericsson
Sejarah Sony Ericsson. Sony Ericsson merupakan perusahaan patungan yang didirikan pada tanggal 1 Oktober 2001 oleh perusahaan elektronik Jepang Sony Corporation dan perusahaan telekomunikasi Swedia Ericsson untuk memproduksi ponsel. Alasan lain untuk usaha ini adalah untuk menggabungkan keahlian elektronik konsumen Sony Ericsson dengan pengetahuan teknologi di sektor komunikasi.
Di Amerika Serikat, Ericsson bermitra dengan General Electric di awal tahun sembilan puluhan, terutama untuk membangun kehadirannya di AS dan pengenalan merek. Ericsson, yang telah di pasar telepon seluler selama beberapa dekade telah berjuang maksimal namun tetap memperoleh kerugian besar. Hal ini terutama disebabkan kebakaran pabrik Philips di New Mexico yang memproduksi chip untuk ponsel mereka yang menyebabkan tertundanya produksi dan juga karena ketidakmampuan untuk memproduksi ponsel murah seperti Nokia.
Pada bulan Agustus 2001, kedua perusahaan (Sony dan Ericsson )telah merampungkan persyaratan merger mengumumkan pada bulan April. Perusahaan ini memiliki tenaga kerja awal 3.500 karyawan.
Penggabungan kedua perusahaan tersebut tidak berjalan mulus, pangsa pasar Ericsson benar-benar jatuh dan pada bulan Agustus 2002, Ericsson mengatakan akan berhenti membuat ponsel dan mengakhiri kemitraan dengan Sony jika bisnis terus mengecewakan Namun, pada Januari 2003, kedua perusahaan mengatakan mereka akan menyuntikkan lebih banyak uang ke joint venture dalam tawaran untuk membendung kerugian.
Strategi Sony Ericsson adalah merilis ponsel model baru yang memiliki kemampuan seperti foto digital serta kemampuan multimedia lainnya seperti men-download dan melihat klip video dan kemampuan manajemen informasi pribadi. Untuk tujuan ini, merilis beberapa model baru yang sudah built-in kamera digital dan layar warna adalah hal yang baru pada saat itu. Bagaimanapun, usaha patungan ini terus membuat kerugian lebih besar meskipun penjualan booming. Target untuk membuat keuntungan dari tahun pertama sampai tahun 2002 ditunda hingga 2003 untuk paruh kedua tahun 2003. Perusaah ini mengalami kegagalan dalam misinya untuk menjadi top seller handset multimedia dan berada di tempat kelima dan berjuang pada tahun 2005.
Konsentrasi Sony Ericsson saat ini dalam memproduksi ponsel meliputi: musik, kamera, bisnis (web dan email), desain, eco-friendly, dan anggaran telepon terfokus. Enam kategori terbesar adalah:
Seri W Walkman adalah merek ponsel musik Sony Ericsson, diluncurkan pada tahun 2005. Ponsel Sony Ericsson W-seri adalah ponsel musik yang terkenal karena menjadi ponsel seri pertama musik mobile, membuat pasar baru bagi musik portabel yang berkembang pada saat itu. Fitur utama yang dapat dilihat dalam semua ponsel Walkman adalah memiliki tombol ‘W’ yang ditekan untuk membuka media center. Model terbaru, Yendo, merupakan ponsel Walkman pertama dengan layar sentuh penuh. Walkman merek ponsel juga diproduksi untuk pasar Jepang, di mana satu ponsel Walkman diluncurkan pada tahun 2009, Premier (Premier Cube), mampu memutar musik dari CD player langsung ke telepon melalui konektor.
Sony Ericsson Cyber-shot, diluncurkan pada tahun 2006 dalam model-model terbaru dari ponsel seri K. Rentang ponsel ini difokuskan pada kualitas kamera yang disertakan dengan telepon. Cyber-shot telepon selalu menyertakan flash, beberapa dengan xenon flash, dan juga termasuk kamera auto-focus. Sony Ericsson menggebrak kampanye pemasaran global untuk ponsel Cyber-shot dengan peluncuran ‘Don’t Miss a Shot’. Kampanye ini menampilkan pemain tenis wanita atas Ivanovi? Ana dan Daniela Hantuchova. Pada tanggal 10 Februari 2008, seri telah diperluas dengan pengumuman C702, C902 dan telepon C905. Model terbaru, S003, yang diluncurkan pada 2010 untuk pasar Jepang saja, adalah yang kedua dari Cyber-shot seri ponsel bermerek yang dilengkapi dengan kamera 12 Megapixel setelah Satio. Ini menggunakan CMOS ‘Exmor’ sensor, ‘PLASMA’ Dual-LED Flash, ISO 3200, dan tahan air.
Sony Ericsson BRAVIA , diluncurkan 2007 di pasar Jepang saja. Sampai saat ini, empat BRAVIA ponsel bermerek telah dihasilkan. Sony Ericsson (FOMA SO903iTV, FOMA SO906i, U1, dan S004 [23]) menggunakan merek BRAVIA. BRAVIA merek ponsel dapat menunjukkan televisi terestrial 1seg.
Berbagai ponsel dengan UIQ smartphone, diperkenalkan dengan seri P pada tahun 2003 dengan pengenalan P800. Mereka terkenal karena touchscreens mereka, QWERTY keypad (pada kebanyakan model), dan penggunaan platform antarmuka UIQ untuk Symbian OS. Rentang ini sejak diperluas ke seri M dan ponsel seri G.
Sony Ericsson XPERIA , digembar-gemborkan oleh Sony Ericsson XPERIA X1 pada bulan Februari 2008 di Mobile World Congress (sebelumnya 3GSM) yang diselenggarakan di Barcelona Spanyol, merupakan merek dagang pertama yang dipromosikan oleh Sony Ericsson sebagai miliknya dan yang ditunjuk untuk menyediakan teknologi konvergensi antara basis target pengguna. Model pertama, X1, membawa sistem operasi Windows Mobile dengan interface panel Sony Ericsson. Model X10 Xperia memiliki fitur Sistem Operasi Android. Selain itu, Yahoo News melaporkan bahwa Sony akan sejajar dengan Google untuk menjalankan Android pada smartphone game yang akan datang.
Sony Ericsson GreenHeart, pertama kali diperkenalkan pada tahun 2009, digembar-gemborkan oleh Sony Ericsson J105i Naite dan C901 GreenHeart. Hal ini difokuskan pada tema ramah lingkungan, tapi masih fitur dengan teknologi mobile terbaru dan kemampuan multimedia. Hal ini terutama menggunakan bahan yang ramah lingkungan dan fitur-apps.
Rencana kedepan Sony Ericsson tidak lagi menggunakan sistem operasi mobile Symbian. Kini, vendor ponsel yang sempat redup itu coba kembali bersinar dengan fokus menggarap ponsel berbasis Google Android. Demkian pernyataan yang dikemukakan salah satu eksekutif Sony Ericsson, Aldo Liguori. “Ke depan, kami tidak ada rencana mengembangkan perangkat berbasis Symbian lagi (dikutip dari Venturebeat). Sampai pada tahun 2010, Sony Ericsson masih menggunakan OS Symbian untuk jajaran seri Vivaz besutannya. Namun vendor ini bisa saja mengalihkannya ke Android sewaktu-waktu–sama halnya seperti Xperia X10.



II.2.Analisis SWOT Sony Ericsson
Sony Ericsson merupakan perusahaan patungan dengan pembagian keuntungan 50:50 antara Sony Corporation dan Ericsson AB yang didirikan bulan Oktober 2001. Misi perusahaan ini adalah memantapkan Sony Ericsson sebagai merek paling menarik dan inovatif dalam industri perangkat bergerak. Visi perusahaan Perlakuan adil terhadap tenaga kerja, pelestarian lingkungan yang proaktif dan keterlibatan langsung dalam komunitas perusahaan. Memadukan etika yang baik ke dalam semua aspek perusahaan, termasukmanajemen SDM, desain produk, persyaratan pemasok dan program penjangkauankomunitas konsumen membantu membangun dunia yang lebih bersih, aman dan mencerdaskan seluruh aspek social dalam komuniti yang lebih luas dan mendunia.
Ada 2 aturan yang dipakai dalam menjalankan perusahaan baik kepada bagian internal maupun eksternal, yaitu:
  1. Aturan Korporat adalah aturan yang membantu para karyawan membuat keputusan etis yang diperlukan untuk melakukan tugas pekerjaan mereka sehari-hari
  2. Aturan tanggung jawab sosial pemasok diterapkan agar para pemasok menyediakan tempat kerja yang aman bagi karyawan, menghormati hak asasi manusia dan menerapkan standar etika yang sesuai dalam semua urusan bisnis
Strategi Sony Ericsson dalam menindak lanjuti hasil analisa SWOT yang dimiliki:
  1. Strenght (Kekuatan)
Memiliki kebijakan etika yang menjangkau seluruh Sony Ericsson dan para pemasok yang menjamin semua operasi perusahaan dapat dilaksanakan dengan cara yang bertanggung jawab secara sosial. Sony Ericsson komit terhadap perbaikan kualitas lingkungan yang berkesinambungan pada produk dan operasi perusahaan di seluruh dunia. Berperilaku teladan sosial dan etika serta menjalankan bisnis yang sesuai dengan semua undang-undang dan peraturan yang berlaku.
Sony Ericsson menghormati hak asasi manusia dan perlakuan etis terhadap semua karyawan. Dan sebagai produsen ponsel terkemuka, Sony Ericsson komit terhadap standar keselamatan yang tinggi dalam desain produknya bagi seluruh pengguna produk maupun para pekerja di dalam pabrik. Tujuan perusahaan ini adalah menyampaikan solusi yang membantu mengurangi pemakaian dan emisi sumberdaya global terhadap udara, darat dan air.
Sony Ericsson menjadi produsen pertama yang menghapus baterai nickel cadmium pada semua ponsel dan bertekad untuk melanjutkan kerja yang progresif dengan cara menghilangkan zat-zat yang dapat merusak lingkungan dari produk sony ericsson sebatas yang dapat dilakukan secara wajar.
  1. Weakness (kelemahan)
Kelemahan Sony Ericson pada zaman ini adalah kurangnya keluaran produk-produk baru yang menarik dan kurangnya iklan atau pengenalan terhadap brand baru sony ericson terhadap masyarakat luas.
Dari segi harga masih terdapat brand yang harganya belum cukup terjangkau, apalagi sekarang banyak sekali penjual handphone murah dengan fasilitas yang banyak.
  1. Opportunity (peluang)
Sony Ericsson berpendapat bahwa pengembangan yang berkelanjutan merupakan salah satu tantangan terpenting di masa depan. Para pelanggan menuntut produk dan layanan teradaptasi secara lingkungan sehingga perushaan sony ericsson bertekad untuk memenuhi tuntutan itu.
Bagian sumber daya pers Sony Ericsson yang memuat siaran pers terbaru, arsip siaran pers dan perpustakaan foto dengan gambar ponsel serta aksesorinya
Hal lain yang membuat para pelanggan tetap setia pada produk sony ericsson adalah dibukanya layanan internet untuk menampung segala keluhan para pelanggan.Selain itu, situs web ini menyediakan informasi mengenai kesehatan dan keselamatandalam ponsel dengan cara connecting.
  1. Threat (ancaman)
Ancaman untuk sony ericson saat ini adalah banyak keluar brand – brand baru yang berkecimpung di penjualan handphone yang menjual handphone dengan harga murah dan dengan fitur-fitur yang lengkap.
II.3.Keunggulan Kompetitif Perusahaan Sony Ericsson
Sebagai perusahaan yang besar dan memiliki pangsa pasar yang luas di seluruh dunia maka tentunya perusahaan sony ericsson memiliki keunggulan tersendiri bila dibandingkan kompetitornya. Salah satunya adalah dibagian perangkat keras yang mereka gunakan yaitu:
1.      Camera yang terkenal sangat baik dan sony ericsson juga menjadi ponsel pertama yang memiliki camera dengan fitur cyber-shoot dengan menangkap gambar lebih cepat dan tidak berbayang, dan juga memiliki tingkat pixel camera yang tinggi hingga 22 Mega pixel bahkan lebih untuk seri yang kelas atas.
2.      Menjadi pencipta smartphone pertama yang memiliki ketahanan terhadap air dan pasir dengan spesipikasi yang tinggi
3.      Memiliki baterai yang hemat energy dan ramah lingkungan dengan fitur greenheart dimana sony ericsson mampu menyaingi produk lain dalam hal hemat energy
4.      Memiliki layar yang baik dalam menampilkan gambar bergerak (video) dengan resolusi laying yang tiggi dan lebih banyak penampilan warna hingga jutaan warna.
Selain dari segi perangkat keras sony ericsson juga memiliki perangkat lunak yang menjadi unggulan seperti fitur music track ID yang sangat handal dan radio yang sangat jernih
Dari bidang pemasaran sejak awal sony ericsson melakukan segmentasi pasar yang sangat baik, pada OS Symbian mereka menciptakan produk dengan special spesipikasi yaitu W untuk walkman, seri P untuk Touchscreen, seri K untuk camera yang baik,  dan banyak lagi. Jadi setiap seri memiliki keunggulan masing masing yang memudahkan konsumen untuk memilih perangkat sesuai selera dan kebutuhan mereka. Dan untuk saat ini sesuai kebutuhan konsumen yang lebih konpleks maka sony menciptakan seri experia yang melengkapi secara keseluruhan.
Sony ericsson juga menjalankan positioning produk untuk menciptakan nama baik merek mereka di masyarakat. Dan hal itu berhasil dan sony memiliki keunggulan yang sangat baik dalam hal menghormati HAM dengan menciptakan produk yang ramah lingkungan.


II.4.Perubahan Yang Terjadi Pada Perusahaan Sony Ericsson
Seiring perkembangan sony ericsson mengalami kegagalan akibat keterlambatan untuk melakukan inovasi diman vendor ponsel lain sudah beralih ke system android sementara sony masih menjual perangkat dengan system Symbian. Dan kegagalan ini juga menimbulkan kerugian dan ini juga di alami oleh rivalnya yaitu perusahaan nokia. Dan budaya jepang juga mempengaruhi kelambatan atau kegagalan perusahaan yaitu dari segi factor:
a.       Harmony Culture Error. Dalam era digital seperti saat ini, kecepatan adalah kunci. Speed in decision making. Speed in product development. Speed in product launch. Dan persis di titik vital ini, perusahaan Jepang termehek-mehek lantaran budaya mereka yang mengangungkan harmoni dan konsensus. Perusahaan Jepang yang menggunakan  kultur kerja yang sangat mementingkan konsensus. Top manajemen Jepang bisa rapat berminggu-minggu sekedar untuk menemukan konsensus mengenai produk apa yang akan diluncurkan. Dan begitu rapat mereka selesai, Samsung atau LG sudah keluar dengan produk baru, dan para senior manajer Jepang itu hanya bisa melongo. Budaya yang mementingkan konsensus membuat perusahaan-perusahaan Jepang lamban mengambil keputusan (dan dalam era digital ini artinya tragedi). Budaya yang menjaga harmoni juga membuat ide-ide kreatif yang radikal nyaris tidak pernah bisa mekar. Sebab mereka keburu mati: dijadikan tumbal demi menjaga “keindahan budaya harmoni”.
b.      Seniority Error. Dalam era digital, inovasi adalah oksigen. Inovasi adalah nafas yang terus mengalir. Sayangnya, budaya inovasi ini tidak kompatibel dengan budaya kerja yang mementingkan senioritas serta budaya sungkan pada atasan, perusahaan Jepang memelihara budaya senioritas. Perusahaan Jepang, dan hampir pasti Anda tidak akan menemukan Senior Managers dalam usia 30-an tahun. Promosi di hampir semua perusahaan Jepang menggunakan metode  yang tua pasti didahulukan.
c.       Old Nation Error. Faktor terakhir ini mungkin ada kaitannya dengan faktor kedua. Dan juga dengan aspek demografi. Jepang adalah negeri yang menua. Maksudnya, lebih dari separo penduduk Jepang berusia diatas 50 tahun. Jadi mayoritas Senior Manager di beragam perusahaan Jepang masuk dalam kategori itu. Kategori karyawan yang sudah menua.
Namun sony ericsson melakukan akuisisi terhadap perusahaan ericsson dan menjadi Sony Mobile Communication Inc, dan juga merubah brandnya menjad sony. dan sekarang sudah berpusat pada produksi sony experia yang menggunakan program atau system android dan kembali memiliki pasar yang meluas dan kembali menjadi barang yang bergengsi di masyarakat. Tentu bukan hanya bergengsi soal mereknya namun juga dari segi kualitas perangkat keras dan lunaknya.


BAB III
PENUTUP
III.1.       Kesimpulan
Berdasarkan uraian dan penjelasan dari bab-bab yang terdahulu , maka dapat disimpulkan bahwa :
1.      Perusahaan Sony Ericsson.Inc merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang teknologi dan komunikasi yang sangat cepat perkembangannya untuk dikenal dalam kalangan masyarakat.
2.      Pelaksanaan sistem inovasi yang dilakukan perusahaan ini berjalan dengan cukup baik,dimana terdapat dampak yang positif diawal inovasi ini dilakukan dan berpengaruh bagi perusahaan Sony Ericsson.Inc.
3.      Adanya system inovasi yang dilakukan oleh perusahaan Sony semata-mata hanya untuk menunjukkan bahwa perusahaan memperhatikan kebutuhan dan keinginan banyak masyarakat.
4.      Namun pelaksanaan inovasi yang cukup baik diawal membuat perusahaan menjadi lengah dan tidak menyadari semakin banyaknya pesaing yang muncul dan memberikan dampak negatif yang dialami oleh perusahaan Sony,sehingga perusahaan mengalami keterputukan karena ditinggal oleh konsumen dan sudah dianggap sebagai perusahaan yang tidak lagi memperhatikan dan tidak bisa lagi memenuhi keinginan masyarakat yang semakin bertumbuh juga.
5.      Berbagai hal yang terjadi dan sudah dialami oleh perusahaan Sony merupakan perjalanan yang cukup panjang bagi perusahaan ini dan dapat terjadi karena perusahaan mamapu mengendalikan SWOT, oleh karena itu ketika  perusahaan ini sempat merasakan suatu produk yang diproduksi sempat memiliki suatu nama dan image yang cukup baik dikalangan masyarakat, namun ditengah perusahaan sedang mengalami keadaan yang cukup baik,namun perusahaan harus kembali lagi mengalami keterputukan ketika tidak mengerti adanya ancaman yang semakin banyak muncul.Namun karena adanya suatu peluang yang digunakan perusahaan dapat kembali lagi sebagai suatu perusahaan yang memiliki brand image yang baik dimasyarakat.
III.2.       Saran
Adapun saran yang dapat diberikan,dan mungkin dapat berguna bagi perusahaan adalah sebagai beriku :
1.      Perusahaan hendaknya dapat terus mempertahankan sistem inovasi yang dilakukan diawal oleh perusahaan dan tetap memperhatikan kebutuhan juga keinginan mayarakat.Serta dapat memahami keadaan pasar yang mungkin dapat mengancam perusahaan dengan munculnya pesaing yang semakin banyak.
2.      Untuk tetap dapat bertahan perusahaan hendaknya meningkatkan mutu bagi setiap produk yang diciptakan dan dapat memuaskan keinginan masyarakat.
3.      Agar para konsumen tetap bertahan pada produk yang diciptakan, perusahaan seharusnya tidak hanya melakukan inovasi pada hal-hal yang sama,tetapi harus memberikan suatu nilai yang baru bagi masyarakat agar konsumen tiak merasa bosan/jenuh terhadap produk yang ditawarkan oleh perusahaan ini.

4.      Untuk semakin meningkatkan image yang sudah cukup dikenal masyarakat, perusahaan ini hendaknya tetap  mengadakan  rencana inovasi secara terus menerus dan tetap meningkatkan kualitas yang lebih baik lagi.

1 comment: