Tuesday, December 15, 2020

Analisis Kepemimpinan Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Honda Motor Company Ltd)

BAB I

PENDAHULUAN

I.1.   Latar Belakang

Kepemimpinan atau leadership merupakan kemampuan mempengaruhi orang lain, bawahan atau kelompok, kemampuan mengarahkan tingkah laku bawahan atau kelompok, memiliki kemampuan atau keahlian khusus dalam bidang yang diinginkan oleh kelompoknya, untuk mencapai tujuan organisasi atau kelompok.

Pada sebuah organisasi perusahaan atau pemerintahan, kesuksesan atau kegagalan dalam pelaksanaan tugas dan penyelenggaraan, dipengaruhi kepemimpinan dan didukung oleh kapasitas organisasi yang memadai, maka penyelenggaraan tata pemerintahan yang baik akan terwujud, sebaliknya kelemahan kepemimpinan merupakan salah satu sebab keruntuhan kinerja organisasi di indonesia. Kepemimpinan dapat dikatakatakan sebagai cara dari seorang pemimpin dalam mengarahkan , mendorong dan mengatur seluruh unsur-unsur didalam kelompok atau organisasi untuk mencapai suatu tujuan organisasi yang diinginkan sehingga menghasilkan kinerja pegawai berarti tercapainya hasil kerja seseorang atau pegawai dalam mewujudkan tujuan organisasi tersebut. Selain kepemimpinan, didalam sebuah perusahaan juga didukung oleh para karyawan yang mempunyai kinerja yang bagus sehingga tujuan perusahaan dapat terlaksana.

Karyawan dan pemimpin mempunyai kontribusi yang sangat besar terhadap perusahaan, karena tanpa keduanya perusahaan tidak akan berjalan. Oleh karena pemimpin harus bisa menempatkan perannya sebagai kepala semua bidang diperusahaan sehingga dapat mengatur para karyawan agar bekerja dengan baik dan juga bisa memotivasi karyawan.

Banyak orang dalam kepemimpinan di suatu perusahaan menyepelekan penerapan sistem standarad (baku)  dalam aktivitas kerjanya. Tetapi tanpa disadari hal tersebut justru merugikan perusahaan. Gaya kepemimpinan ada beberapa macam dan yang kita kenal diantaranya Kepemimpinan Otoriter, Kepemimpinan Demokratis dan Kepemimpinan Bebas. Tentu saja Kita sudah mengetahuinya bahwa Kepemimpinan yang terbaik adalah Gaya Kepemimpinan yang Demokratis dimana gaya kepemimpinan ini terjadi komunikasi 2 arah baik dari atasan maupun bawahan. Keputusan yang diambil juga melibatkan semua pihak tidak one man show.

Seorang pemimpin dengan gaya kepemimpinan yang otoriter terhadap bawahan dan juga selalu membuat keputusan yang berubah-ubah setiap saat membuat bawahan tidak dapat menentukan langkah mana yang harus mereka ambil. Gaya kepemimpinan seperti ini masih banyak terjadi dan dapat dilihat dalam peraturan perusahaannya yang mengatakan bahwa aturan pertama adalah Pimpinan selalu benar. Peraturan kedua adalah bila Pimpinan salah maka lihatlah kembali aturan pertama. Kekhawatiran para bawahan akan tampak sekali bila ada kasus atau pertanyaan dari Supplier atau Buyer Perusahaan. Mereka tidak dengan sigap membantu untuk memberikan respon dan juga solusi, melainkan hanya diam dan menunggu intruksi atasan. Mereka semua ragu untuk bertindak dengan alasan yang utama adalah takut salah memberi jawaban dan akan kena teguran atasan, padahal untuk kasus yang sama tersebut sebelumnya bisa saja Atasan telah menentukan suatu keputusan tertentu hanya karena tidak distandarisasi maka bawahan tidak dapat mengambil kesimpulan bahwa hal tersebut yang harus ia lakukan selanjutnya.

Disini penulis akan membahas tentang perusahaan Honda dengan pemimpinnya Soichiro Honda. Gaya kepemimpinan Soichiro Honda di masa awal berdirinya Honda cenderung keras dan otoriter. Gaya pemimpin yang memusatkan segala keputusan dan kebijakan yang diambil dari dirinya sendiri secara penuh.

Tidak selamanya kata otoriter buruk untuk dipandang. Kepemimpinan otoriter ini yang membawa honda menuju kesuksesan dalam persaingan pasar. Soichiro membawa honda menuju kesuksesan yang awal berdiri honda yang sangat berat. Soichiro yang memilki prinsip “Terbaik di Dunia” sehingga tidak kata cukup dengan hanya bertahan dalam persaingan. Soichiro memilki prinsip menjadi nomor satu.

Gaya kepemimpinan Soichiro di Honda pun tidak jauh berbeda. Dengan tubuh dibalut baju bengkel berwarna biru, dia sendiri menginspeksi jalur-jalur conveyor, mengawasi para pekerja. Sangat jarang dia malas melempari omelan – atau barang – kalau ada yang meninggalkan perkakas kerja tergeletak sembarangan. Dalam salah satu amukannya, dia menghajar kepala seorang pekerja dengan penggaris segitiga besar, atau menyakiti pekerja dengan palu yang dia lempar.

Soichiro dibesarkan sebagai anak pandai besi. Dalam dunia kerja magang, para pekerja magang yang masih muda berlatih keras selama bertahun-tahun di bawah gemblengan guru mereka, perlahan-lahan menguassai kehalian yang dibutuhkan melalui latihan berulang-ulang. Di sana, nilai seseorang diukur dari keahlian yang dia dapatkan. Ketika Soichiro memimpin Art Shokai cabang Hamamatsu, dia selalu mengawasi para pekerjanya, dan jika ada yang malas-malasan, dia tidak segan melempari palu atau kunci Inggris ke arah orang ini. Gaya Soichiro yang keras dan cenderung sinting ini menyebabkan karyawan jarang betah beker.

I.2.   Rumusan Masalah

1.     Bagaimana Profil Perusahaan Honda?

2.     Bagaimana Gaya Kepemimpinan Perusahaan Honda?

3.     Bagaimana Hasil Dari Gaya Kepemimpinan Yang Digunakan Perusahaan Honda?

I.3.   Tujuan Penulisan

1.     Agar mengetahui Profil Perusahaan Honda.

2.     Agar mengetahui Gaya Kepemimpinan Perusahaan Honda.

3.     Agar mengetahui Hasil Dari Gaya Kepemimpinan Yang Digunakan Perusahaan Honda.


BAB II
PEMBAHASAN

II.1. Profil Perusahaan Honda

Sebelum membahas profil perusahaan kita akan melihat pendiri dari Honda yang menjadi pemimpin dan pelopor kesuksesan Honda dngan gaya kepemimpinannya. Soichiro Honda lahir 17 November 1906  dan meninggal 5 Agustus 1991 pada umur 84 tahun) adalah seorang industrialis Jepang yang dilahirkan di Hamamatsu, Shizuoka, Jepang. Honda menghabiskan masa kecilnya membantu ayahnya dalam bisnis reparasi sepeda. Pada saat 15 tahun, tanpa pendidikan formal, Honda pindah ke Tokyo untuk mencari kerja. Dia bekerja magang di sebuah bengkel pada 1922, dan setelah mempertimbangkan pekerjaannya, ia tetap bekerja di sana selama enam tahun lagi sebelum kembali ke kampung halamannya untuk memulai usaha reparasi mobilnya pada 1928 dalam usia 22 tahun.

Honda menyukai balapan otomotif dan menciptakan rekor kecepatan pada 1936. Dia kemudian mengalami cedera dalam sebuah kecelakaan yang parah - tulangnya patah termasuk di kedua pergelangan tangannya - dan berhasil dibujuk istrinya untuk berhenti membalap. Honda lalu berkonsentrasi pada usahanya, dan pada 1937 dia pindah ke pembuatan cincin-piston dengan mendirikan Industri Berat Tokai Seiki (IBTS,Tokai Seiki Heavy Industry). Pada 1948 dia menjual IBTS kepada Toyota seharga 450.000 yen (kira-kira sama dengan 1 juta dolar AS jika diukur pada tahun 2003).

Pada 1948 Honda memulai produksi sepeda motor sebagai presiden Honda Corporation. Honda mengubah perusahaan tersebut menjadi sebuah perusahaan multinasional berharga milyaran yang memproduksi sepeda motor terlaris di dunia. Honda tetap menjabat presiden perusahaan hingga dia pensiun pada 1973, kemudian tinggal sebagai direktur dan diangkat sebagai "penasehat tertinggi" pada 1983. Setelah pensiun Honda menyibukkan dirinya dengan pekerjaan yang berhubungan dengan Yayasan Honda. Dia meninggal pada 1991 karena gagal lever.

Honda Motor Company, Ltd. adalah produsen mobil, truk, sepeda motor dan skuter asal Jepang. Mereka juga membuat kendaraan segala medan (ATV), generator listrik, mesin jahit, robot, peralatan taman dan lainnya.

Honda didirikan pada 24 September 1948 oleh Soichiro Honda. Honda merupakan produsen sepeda motor terbesar di dunia sejak 1959 dan juga produsen mesin pembakaran dalam terbesar dengan produksi lebih dari 14 juta unit tiap tahun. Honda berhasil menggusur Nissan sebagai produsen mobil kedua terbesar di Jepang tahun 2001. Honda juga menggusur Chrysler, untuk menjadi pabrikan mobil terbesar keempat di pasar AS. Sekarang ini, Honda juga pabrikan mobil terbesar keenam di dunia. Pada 2004, perusahaan ini mulai memproduksi motor diesel, yang sangat tenang dan tidak membutuhkan penyaring untuk dapat melewati standar polusi.

Honda merupakan pabrikan Jepang pertama yang meluncurkan merek mobil mewahnya, menggunakan merk Acura untuk mobil mewahnya di Amerika Utara. Mobil Honda terkenal dengan daya tahan dan jarang rusak. Honda di Indonesia paling terkenal dengan sepeda motornya.

Honda bermarkas di Tokyo. Saham mereka diperdagangkan di Bursa Saham Tokyo, Bursa Saham New York, dan juga perdagangan di Osaka, Nagoya, Sapporo, Kyoto, Fukuoka, London, Paris dan Swiss. American Honda Motor Co., bermarkas di Torrance, California

Honda memiliki sebuah slogan yaitu:

“Action without philosophy is a lethal weapon; philosophy without action is worthless.”

Yang kemudian dikembangkan menjadi

‘Action without training is a lethal weapon; and training without action is worthless’.

Slogan tersebut kemudian digunakan sebagai salah satu pemecut manajemen Honda dalam menjalankan bisnisnya. Idenya adalah untuk menggabungkan pelatihan dengan model pembinaan pribadi yang dibangun di atas keyakinan bahwa 'manajemen perusahaan harus mampu meningkatkan kemampuan tenaga kerja secara keseluruhan, bukan hanya segelintir saja disebut.

II.2. Gaya Kepemimpinan Perusahaan Honda

Adalah gaya pemimpin yang memusatkan segala keputusan dan kebijakan yang diambil dari dirinya sendiri secara penuh. Segala pembagian tugas dan tanggung jawab dipegang oleh si pemimpin yang otoriter tersebut, sedangkan para bawahan hanya melaksanakan tugas yang telah diberikan.

Kelebihan model kepemimpinan otoriter ini ada di pencapaian prestasinya. Tidak ada satupun tembok yang mampu menghalangi langkah pemimpin ini. Ketika dia memutuskan suatu tujuan, itu adalah harga mati, tidak ada alasan, yang ada adalah hasil. Langkah – langkahnya penuh perhitungan dan sistematis.

Soichiro merupakan pemimpin diawal berdirinya honda. Gaya kepemimpinan soichiro yang keras dan otoriter. Gaya Kepemimpinan Otoriter / Authoritarian adalah gaya pemimpin yang memusatkan segala keputusan dan kebijakan yang diambil dari dirinya sendiri secara penuh. Segala pembagian tugas dan tanggung jawab dipegang oleh si pemimpin yang otoriter tersebut, sedangkan para bawahan hanya melaksanakan tugas yang telah diberikan.  Kepemimpinan soichiro dari prinsip hidupnya yaitu “ Terbaik di Dunia” . hal inilah yang menyebabkan dirinya bertindak keras terhadap karyawannya dan terkadang keterlaluan. Kekurangan gaya kepemimpinan Soichiro adalah tidak moralis. Tidak moralis artinya tidak hangat dan sopan kepada semua orang. Mereka memiliki emphaty yang rendah terhadap permasalahn para bawahannya, tidak sabar, dan mudah marah. Hal ini terlihat dari Soichiro yang meneriaki karyawan dan berkata “Saya minta surat pengunduran diri anda”  pergi sana !. kata seperti itulah yang di ucapkan seorang pemimpin honda Soichiro apabila karyawannya melakukan kesalahan. Meskipun kata – kata yang dia lontarkan hanya sekedar kata – kata. Dia tidak akan bener – bener memecat karyawan itu.

Meskipun Soichiro keras dalam memperlakukan karyawan, tetapi dia memilki kepribadian yang jujur dan mudah didekati. Hal ini yang menjadi kerja sama tim yang sehat. Ada hal baik dalam kepemimpinan otoriter yang dilakukan Soichiro,  yaitu Karyawan akan menghormati pimpinan dan Selalu berpendirian kepada tujuan

Soichiro dapat dikatakan pemimpin baik. Berikut ini mengapa dia berhasil dalam memimpin :

1.       Soichiro memiliki karakter yang pekerja keras sehingga segala pekerjaan yang dia lakukan harus perfeksionis.

2.       Memiliki competensi yang baik, memiliki ambisi dan energi dalam mencapai kesuksesan yaitu menjadi nomor satu di dunia yang dapat mengalahkan toyota.

3.       Kerja keras dan kejujuran merupakan kesuksesannya.

4.       Memiliki optimisme yang tinggi terhadap karir.

5.       Soichiro dapat menjadi “petir” saat menegur karyawan apabila melakukan kesalahan tetapi dia bisa menjadi temen diluar dari itu.

6.       Kejujuran dalam memimpin merupakan hal yang sangat membuat karyawan menghormatinya.

Tentunya dengan gaya kepemimpinan yang dilakukan oleh Soichiro maka akan berjalan di dalam perusahaan dan dianut hingga pemimpin yang sekarang. Namun dengan mobilitas perusahaan dan ketatnya persaingan Honda bukan saja menggunakan gaya kepemimpinan otoriter namun juga menyesuaikan keadaan yang sedang terjadi demi kemajuan perusahaan.

II.3. Hasil Dari Gaya Kepemimpinan Yang Digunakan Perusahaan Honda

Penerapan gaya kepemimpinan yang otoriter memberikan dampak bagi perusahaan secara keseluruhan. Baik dari sumberdaya manusianya, produksi, dan nilai perusahaan.

Kepemimpinan otoriter ini juga yang mempengaruhi perusahaan Honda. Walaupun kepemimpinan otoriter sering dianggap tidak baik bagi perusahaan karena cendrung mementingkan kepentingan pribadi dan tidak mau mendengarkan aspirasi dari karyawan. Namun pada perusahaan Honda gaya kepemimpinan ini bekerja dengan sangat baik. Dimana perusahaan Honda bisa besar dan memiliki pangsa pasar yang sangat luas didunia bukan hanya dari kualitas produksi mereka namun juga dari prestasi suber daya manusianya.

Dari segi manajemen sumber daya manusia bahwa perusahaan Honda menghasilkan orang orang yang disiplin bukan hanya soal waktu namun juga dalam pelaksanaan tugas dan tanggungjawabnya. Selain itu orang-orang yang beklerja pada perusahaan Honda juga memiliki tujuan yang jelas karena mendapatkan perintah yang tegas dari atasan ini akan membantu dalam pemenuhan tujuan perusahaan dengan cepat. Disamping itu karyawan perusahaan Honda juga termotivasi dengan kepemimpinan otoritas yang dilakukan atasannya dimana karyawan tidak menunda-nunda pekerjaannya karena atasannya bahkan turun langsung kelapangan untuk melakukan monitoring terhadap pekerjaan mereka.

Tetapi Honda tidak selamanya melakukan gaya tersebut di setiap keadaan. Honda juga menerapkan strategi Inovasi yang berkelanjutan dan orisinalitas dalam menciptakan dan mengembangkan produk baru. Dimana hal ini bisa didapatkan dari tim karyawan. Jadi perusahaan juga membebaskan untuk karyawannya melakukan inovasi namun perusahaan tetap melakukan seleksi informasi yang mereka dapat.

Bila kita melihat kesuksesan produksi perusahaan Honda dengan gaya kepemimpinanya perusahaan ini sukses menjadi salah satu perusahaan yang memproduksi mesin terbanyak di dunia sejumlah 14 juta unit tiap tahunnya.produk honda juga telah dikenal oleh masyarakat luas di dunia. Bahkan untuk produk mobil mereka menjadi produsen terbaik ke 6 didunia dan juga menjadi produsen jepang pertama yang menciptakan mobil mewah yang bernama Acura pada tahun 1986.

Peruhasahaan honda di Indonesia menjadi perusahaan yang memiliki penjualan tinggi untuk produksi sepeda motor. Dengan memanfaatkan banyaknya dealer, nama baik, dan kualitas produk perusahaan honda ini menjadi perushaan yang memiliki pendapatan yang memuaskan. Dalam kompetisi perusahaan honda juga tidak main main dimana tim honda sering mendapatkan kemenangan contohnya dlam pagelaran MotoGP dimana tahun ini mereka juga mendapatkan kemenangan. Tentu ini juga menggambarkan kualitas produk mereka.

BAB III
PENUTUP

III.1.      Kesimpulan

Berdasarkan uraian diatas maka kami memnyimpulkan bahwa:

1.       Perusahaan Honda adalah perusahaan Otomotif yang menggunakan gaya kepemimpinan Otoriter dibawah kepemimpinan Soichiro Honda bahkan masih di lakukan hingga saat ini.

2.       Perusahaan honda menjadi perusahaan yang besar berkat kepemimpinan yang otoriter dengan menghasilkan 14 juta unit setiap tahunnya kemuadian mendapatkan pringkat ke 6 didunia untuk produksi mobilnya dan unggul dalam produksi sepeda motor di Indonesia.

3.       Perusahaan honda juga tidak berpatokan pada gaya kepemimpinan yang otoriter dan memberikan kebebasan karyawan untuk mengusulkan inovasi dengan menyaring setiap informasi yang ada.

III.2.      Saran

Adapun saran yang dapat diberikan,dan mungkin dapat berguna bagi perusahaan adalah sebagai beriku :

1.       Pemimpin perusahaan harus bisa menggunakan bermacam gaya kepemimpinan agar lebih bisa menanggapi keadaan dengan lebih baik.

2.       Perusahaan honda memang akan mendengarkan masukan dari karyawan namun perusahaan ini harus lebih mempercayai karyawan karena tak jarang masukan dari karyawan akan menguntungkan perusahaan.

DAFTAR PUSTAKA

1.   http://www.marketing.co.id/kisah-inspiratif-soichiro-honda-pendiri-kerajaan-honda/

2.   http://doputsi.blogspot.co.id/2015/09/gaya-kepemimpinan-dan-contoh-gaya.html?m=1

3.   http://wapannuri.com/a.kepemimpinan/gaya-kepemimpinan-honda.html

4.   https://www.rebelmouse.com/aauto55/soichiro-honda-sebagai-pemimpin-yang-teladan-1271363137.html

5.   https://id.m.wikipedia.org/wiki/Honda

6.   http://sumberdaya.web.id/2011/analisis-gaya-kepemimpinan-honda/

1 comment: